WAHYU UTAMA

Welcome to RM. "Wahyu Utama" dan Bumi Peternakan "Wahyu Mitra Utama" Website..."www.wahyuutama.co.nr"

Jumat, 25 Desember 2009

5.1.Aspek Usaha Agribisnis Hulu

Diposting oleh WAHYU UTAMA

BAB V
ASPEK USAHA AGRIBISNIS YANG DILAKSANAKAN


Kegiatan usaha agribisnis hulu Kelompok Peternak"Bumi Peternakan Wahyu Utama" diarahkan untuk memperkuat dasar dari kegiatan secara menyeluruh meliputi


5.1.1. Pembibitan


Setiap anggota kelompok diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan pembibitan sendiri melalui kegiatan Inseminasi Buatan (IB) dalam rangka memenuhi populasi dasar ternak sapi potong di kelompok yang mempunyai kualitas unggul. Kegiatan pembibitan dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan di bawah binaan petugas teknis peternakan dan Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Bancar. Untuk menghindari terjadinya inbreeding dan lebih mempercepat peningkatan mutu bibit sapi potong, anggota Kelompok Peternak "Bumi Peternakan Wahyu Utama" juga dibolehkan untuk membeli bibit sapi potong unggul di kelompok ternak lain, peternakan sapi potong maupun pasar hewan dengan tetap dibimbing oleh kelompok.
Untuk lebih mempercepat keberhasilan kegiatan Inseminsai buatan, pada bulan April 2008 Kelompok Peternak "Bumf Peternakan Wahyu Utama" dengan persetujuan dan difasilitasi Dinas Pertanian Kabupaten Tuban telah mengirimkan 1 orang anggota untuk mengikuti pelatihan petugas inseminasi buatan di Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, yang akan melayani IB untuk anggota kelompok dan sekaligus sebagai petugas IB wilayah SPIB Bancar III (Desa Sukolilo dan sekitarnya).


5.1.2. Pakan


Untuk efisiensi biaya produksi dan meraih keuntungan sebesarbesarnya, anggota kelompok tarsi ternak diarahkan untuk lebih banyak menggunakan bahan baku pakan lokal. Pada saat ini kebutuhan pakan konsentrat sudah dipenuhi oleh Kelompok Peternak "Bumf Peternakan Wahyu Utama" dengan membangun mini feedmill sederhana dan memanfaatkan sebanyak, mungkin bahan baku Pakan lokal. Produk pakan konsentrat dengan nama "Bumf Peternakan Wahyu Utama" selain untuk anggota kelompok sendiri juga untuk memenuhi kelompok-kelompok maupun peternak perorangan binaan Kelompok Peternak "Bumi Peternakan Wahyu Utama".


5.1.3 . Obat - obatan dan Vaksin


Obat - obatan dan vaksinasi disediakan oleh kioas yang dikelola oleh kelompok ternak pengadaannya bekerja sama dengan PT.Sanbe dan PT. Tikat Mandiri Citra (TMC) melalui sales - sales dan dokter hewan yang telah ditunjuk sebagai marketing juga petugas teknis peternakan Kecamatan Bancar sedangkan yang melakukan terapi adalah dokter hewan dari PUSKES WAN wilayah Kecamatan Bancar.



(posting by: Ashawa IT Dept.)

0 komentar:

Posting Komentar

Kami Tunggu Saran Dan Kritik Dari Anda